Kamar Kenangan

Cara terbaik menjaga kenangan adalah dengan menulis

Beranda » Pentingnya Me Time untuk Menjaga Kesehatan Mental Ibu

Pentingnya Me Time untuk Menjaga Kesehatan Mental Ibu

Pentingnya me time untuk menjaga kesehatan mental kerap diabaikan oleh para ibu. Padatnya rutinitas sehari-hari baik sebagai wanita karir maupun pekerjaan di ranah domestik seringkali membuat kita lupa meluangkan waktu untuk diri sendiri.

Kita sibuk mengurus suami, anak-anak dan seabreg pekerjaan rumah, termasuk pekerjaan di kantor bagi working mom namun abai untuk mengurus diri sendiri.

Seolah-olah ketika telah menyandang status sebagai istri maupun ibu, hidup kita semata-mata untuk mengurus keluarga saja. Sehingga kita seperti tidak memiliki waktu mengurus diri sendiri bahkan untuk sekadar me time.

Padahal menghabiskan waktu dengan diri sendiri alias me time merupakan aktivitas yang tidak seharusnya kita sepelekan, mengingat manfaatnya yang sangat besar, terutama untuk menjaga kesehatan mental ibu.

Manfaat Me Time untuk Kesehatan Mental

Menjalani peran sebagai seorang ibu memang tidak mudah. Apalagi perempuan kerap mengalami perubahan hormon yang dapat mempengaruhi suasana hatinya.

Bisa diperhatikan saat sebelum dan selama menstruasi, perempuan akan mudah diserang mood swings. Mudah tersinggung dan marah-marah.

Lebih-lebih setelah melahirkan. Perubahan hormon yang terjadi tidak hanya membuat si ibu mengalami perubaham mood yang drastis melainkan juga baby blues.

Bahkan jika baby blues yang dialami ibu paska melahirkan tidak tertangani dengan baik akibatnya akan fatal sekali karena berujung pada depresi.

Nah, kalau mental illness yang dialami sudah sampai tahap depresi jelas dampaknya sangat berbahaya. Pasalnya si ibu bisa saja melukai diri dan anaknya.

Pernah kan dengar kasus seorang ibu membunuh anaknya sendiri? Di Indonesia kasus ibu yang tega menghasibisi nyawa anak kandungnya sudah terjadi berkali-kali malah dan rata-rata motifnya sama.

Si pelaku yang merupakan ibu kandung  melakukan perbuatan keji tersebut dalam keadaan tidak sadar alias kondisi mentalnya sedang terganggu.

Sayangnya isu kesehatan mental di negeri ini masih sangat kurang mendapat perhatian. Kalau ada ibu yang sampai mengalami baby blues bahkan depresi dianggap kurang iman.

Padahal jelas-jelas masalah seperti stress, mudah cemas, termasuk depresi ini berkaitan dengan kondisi mental. Jadi alangkah lucunya jika ada yang mengaitkan masalah psikis dengan keimanan.

Itu sebabnya, menjaga kesehatan mental sangatlah penting. Sama pentingnya seperti menjaga kesehatan tubuh lantaran tubuh rentan terkena berbagai penyakit jika kondisi psikis tidak sehat.

Nah, salah satu cara mudah dan efektif untuk menjaga kesehatan mental adalah dengan me time.

Ditengah kesibukan pekerjaan yang seakan tidak ada habis-habisnya ibu tetap harus menyediakan waktu untuk diri sendiri demi menjaga kewarasan.

Sudah banyak lho yang membuktikan bahwa aktivitas me time mampu menghindarkan ibu dari rasa cemas, stress dan lain sebagainya.

Jadi manfaat me time memang sangat bagus untuk menjaga kesehatan mental. Berikut ini beberapa manfaat me time :

Menyegarkan tubuh dan pikiran

Me time adalah kesempatan buat kita untuk memberikan hak kepada diri agar bisa beristirahat sejenak tanpa diganggu oleh siapa pun.

Efeknya tentu dapat membuat pikiran kita menjadi lebih fresh, sehingga ketika kita sedang dilanda masalah tidak lantas kita langsung mengalami stress berlebihan.

Pun aktivitas ini menjadi waktu yang tepat untuk merevitalisasi tubuh. Jadi kalau kita sudah mulai merasakan lelah dengan rutinitas harian, banyak pikiran hingga tidak fokus mengerjakan segala sesuatu maka itulah saatnya kita harus me time.

Bahkan tidak harus menunggu tubuh kasih signal dulu. Kalau bisa kita sudah atur waktu khusus untuk diri sendiri minimal 15-30 menit setiap harinya. Dijamin deh, setelah me time, pikiran dan tubuh kita akan lebih segar.

Meningkatkan konsentrasi dan produktivitas

Setiap orang pasti punya masalah masing-masing. Nah, kalau kita sedang dilanda masalah tentu kita nggak bisa fokus, alhasil produktivitas juga jadi terganggu.

Oleh karenanya jika tengah dihadapi masalah jangan dibiarkan berlarut. Ambil jeda sejenak dengan me time untuk menjernihkan pikiran.

Ya, maanfaat lain dari menikmati waktu dengan diri sendiri adalah mampu meningkatkan konsentrasi dan produktivitas.

Ingat, sebesar apa pun masalah yang kita hadapi, kita masih punya Tuhan yang Maha Besar, yang dapat menolong kita untuk mengatasi masalah tersebut.

Aktivitas me time ini juga menjadi kesempatan untuk kita berpikir lebih mendalam sehingga kita kita bisa lebih efektif untuk memecahkan permasalahan yang ada.

Lebih mengenal diri sendiri

Kita tidak akan sepenuhnya bisa nenerapkan self love selama kita belun mengenal diri sendiri.

Pertanyaannya, apakah kita sudah mengenal diri? Apakah kita tahu apa yang sebenarnya diri butuhkan?

Ini manfaat me time yang tidak kalah penting. Aktivitas bersama diri sendiri menjadi momen yang pas untuk menyelami diri sehingga kita bisa benar-benar mengenali siapa diri kita.

Jika sudah mengenal diri sendiri maka tentu akan mudah juga bagi kita mencintai diri sendiri. Nah, self love sendiri merupakan salah satu cara ampuh untuk menjaga kesehatan mental.

Meningkat kualitas hubungan dengan orang di sekitar

Jangan salah kaprah, orang yang memilih menikmati waktu dengan dirinya sendiri bukan berarti dia anti sosial dan kesepian.

Me time sebenarnya merupakan momen agar kita juga bisa punya waktu untuk diri kita sendiri. Sebagaimana orang lain ingin dihargai, diperhatikan dan dipahami. Diri kita pun demikian.

Namun bagaimana kita bisa peduli, menghargai dan memahami diri kalau meluangkan waktu untuknya saja tidak sempat?

Nah, itulah manfaatnya me time. Kita harus mulai dari diri kita dulu. Kalau kita sudah bisa menjalin hubungan baik dengan diri maka orang-orang di sekitar kita pun akan merasakan efeknya yang ditandai dengan adanya peningkatan kualitas hubungan.

Tips me time agar berjalan lancar

Rasanya hambar ya jika postingan ini hanya mengulas manfaat me time tanpa menyertakan tips agar me time yang kita lakukan bisa berjalan dengan lancar.

Tak dimungkiri kegiatan seorang ibu baik yang bekerja di ranah domestik maupun di ranah publik sama padatnya, sehingga sering kesulitan menemukan waktu yang tepat untuk diri sendiri.

Untuk itu ada tips mantul nih yang bisa diterapkan agar me time dapat berjalan lancar tanpa halangan.

Sediakan waktu khusus

Tips pertama, tentu saja kita harus punya waktu spesial untuk diri sendiri setiap harinya.

Waktu tersebut bukan kita cari ya, tapi kitalah yang harus menyediakan. Jadi jangan tunggu ada waktu dan kesempatan dulu baru mau me time tapi kitalah yang harus menghadirkan waktu tersebut.

Tidak perlu muluk-muluk, sebab yang terpenting dari aktivitas me time adalah kualitas bukan kuantitas. Sehingga minimal meluangkan waktu 15 menit setiap harinya untuk diri sendiri sudah cukup. Tidak berat, kan?

Komunikasikan dengan pasangan

Tips kedua yang tidak kalah penting adalah mendapatkan dukungan dari orang terdekat, terutama suami.

Oleh sebab itu, yang poin satu tadi harus dibicarakan dengan pasangan. Suami harus tahu perihal waktu khusus dimana kita hanya ingin sendiri tanpa diganggu oleh siapa pun, termasuk suami dan anak-anak.

Jangan lupa komunikasikan dengan baik agar suami paham dan bersedia menjaga anak-anak selagi kita me time.

Nah, kalau sudah dapat support dari suami, nggak perlu khawatir lagi. Pasti me time kita bisa berjalan seperti di jalan tol, hehe.

Lakukan hal yang kita sukai

Ide untuk melakukan me time sebenarnya ada banyak ya. Untuk yang sederhana dan bisa dilakukan di rumah seperti mandi sambil keramas, skincare-an, membaca buku, atau nonton drakor

Kalau saya sendiri sukanya menghabiskan me time dengan menulis. Kadang-kadang juga nonton drakor kalau sudah penat banget.

Nah, ada satu lagi aktivitas me time yang saya lakoni akhir-akhir ini yaitu bermain game. Sebenarnya saya sudah lama nggak main game, tapi gara-gara ketemu dengan website plays.org jadi tertarik lagi dong.

Soalnya main game di situs game online yang satu ini praktis banget. Nggak pake acara unduh aplikasi, main gamenya langsung di situs.

Udah gitu gratis pula dan nggak ada iklan yang berseliweran jadi kita bisa asyik main game online tanpa gangguan.

Senangnya lagi ada banyak sekali pilihan game dengan berbagai kategori di Plays. Tinggal pilih saja mau cari game yang mana.

Permainan yang ada di situs ini pun super lengkap, dari game jadul hingga game kekinian, semua ada.

Apalagi Plays juga selalu update game terbaru. Tinggal suka-suka kita mau pilih game yang mana.

Salah satu game yang sempat saya mainkan adalah game bertahan hidup (survival).

Efek habis nonton Squid Game jadi tertarik dengan game bertema sama, hehe.

game-bertahan-hidup-playsorg

Permainan dengan judul Stars Wars Rogue One Boots on the Ground Game sangat seru dimainkan karena kita punya tiga petarung.

Strategi permainannya adalah berkelompok (tim) dimana masing-masing petarung punya serangan khusus.

Cassian (pahlawan teratas) memicu serangan udara, K-250 (pahlawan tengah) melempar granat dan Penembak jitu (pahlawan bawah) menembakkan sinar daya tinggi jarak jauh.

Karena mainnya secara tim sehingga kita nggak mudah dijatuhkan musuh. Kunci agar bisa memenangkan permainan ini adalah kita harus mempertahan ketiga petarung kita agar semuanya bisa survive. Pastikan tidak ada karakter yang mati.

Kalau satu pertarung dalam keadaan terancam maka yang lain harus sigap menyelamatkan. Seru, kan?

Selain permainan di atas saya juga coba nih game yang ringan dan sama seperti game yang sering saya mainkan dulu, bedanya hanya di gambar saja.

Nama permainannya adalah Sweets Memory : Cake, Chocolato & Ice Cream Matching Game.

game-sweets-memory-playsorg

Yup, ini adalah permainan melatih ingatan dengan mencocokkan pasangan gambar.

Eh main game ini bikin saya pengen ngemil deh soalnya gambar yang ditampilkan kesukaan saya banget (coklat, es kerim dan kue nyummy), hihi.

Di awal permainan kita akan ditunjukkan gambar coklat/es krim/kue tapi hanya sekilas karena setelahnya gambar ditutup dan tugas kita adalah mencocokkan pasangannya.

Seperti permainan mencocokkan pasangan kartu atau gambar pada umumnya, semakin tinggi level akan semakin menantang lantaran jumlah pasangan gambar yang bertambah berkali lipat.

Sukanya main game ini karena tidak dibatasi waktu jadi mudah dimainkan, termasuk oleh anak-anak sekali pun. Lumayan, bisa jadi game pengusir penat.

Itu dia dua game yang sudah saya coba mainkan di Plays. Kalau penasaran dengan game lainnya, silakan langsung eksplor sendiri.

Tenang saja, semua game yang ada di situs Plays sudah dilengkapi dengan petunjuk permainan jadi nggak perlu bingung untuk memainkannya.

So far, agar me time kita berjalan dengan lancar dan mengasyikkan maka sebaiknya pilihlah kegiatan yang memang dapat menghibur dan bikin kita happy,  seperti main game online.

Dari berbagai literatur yang saya baca, bermain game juga memiliki banyak sekali manfaat lho, termasuk untuk menghilangkan stress.

Boleh dibilang, main game juga merupakan aktivitas yang bagus untuk menjaga kesehatan mental, dengan catatan tidak berlebihan. Kalau mainnya sampai lupa waktu, ini yang berbahaya.

Konsisten

Aktivitas me time kita tidak akan berjalan lancar jika kita tidak mampu istiqomah. Maka dari itu, konsisten merupakan tips yang tidak boleh terlewatkan.

Dimana-mana yang namanya konsisten memang tidak mudah, namun bukan berarti tidak bisa, kan?

Yuk komitmen dari sekarang, luangkan waktu untuk diri sendiri minimal 15 menit setiap harinya

Katakan pada pasangan bahwa kita butuh me time, kemudian lakukan apa yang membuat kita merasa bahagia dan jangan lupa konsisten demi menjaga diri agar tetap waras.

Sekian ulasan mengenai pentingnya me time untuk menjaga kesehatan mental ibu. Semoga ada yang bisa dipetik dari postingan saya ini.

Semangat menikmati me time.

Salam hangat,

Siska Dwyta

Siska Dwyta. Blogger asal Gowa, Sulawesi Selatan. Ibu dari dua putra yang doyan menulis di blog. Baginya cara terbaik menjaga kenangan adalah menulis. Dengan begitu kenangan hidupnya akan abadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *