Kamar Kenangan

Cara terbaik menjaga kenangan adalah dengan menulis

keluarga

Popmama Parenting Academy 2021, Yuk Intip Rangkaian Acaranya

Popmama Parenting Academy 2021, Yuk Intip Rangkaian Acaranya

Popmama Parenting Academy 2021 sudah di depan mata. Yaay siapa yang sudah tidak sabar nih menanti datangnya bulan Desember untuk bisa seru-seruan bareng dalam acara spesial yang diadakan oleh popmama.com buat para orang tua milenial.

Sebagai mama milenial saya senang banget bisa menemukan tempat belajar yang asyik guna menambah bekal saya sebagai orang tua.

Menjadi orang tua memang tidak ada sekolahnya, namun kita tetap butuh belajar, butuh ilmu karena membesarkan dan mendidik anak bukan perkara mudah, apalagi di masa pandemi seperti sekarang.

Tantangannya sungguh berat, Ma.

Kalau tidak ada support dari orang-orang di sekeliling, kita mana kuat. Dukungan dari keluarga terutama suami memang yang utama, tapi tidak cukup, kita juga butuh support dari sesama orang tua.

Sayangnya saya sendiri masih sering menemukan orang tua khususnya para mama yang ada di lingkungan saya saling menjatuhkan.

Mulai dari suka membanding-bandingkan anak, saling mengkritisi pola pengasuhan satu sama lain hingga mempertanyakan hal-hal yang semestinya tidak perlu dilontarkan.

Kenapa lahiran sesar?”

“Asinya tidak keluar ya, kenapa bayinya dikasih sufor”

“Kok anaknya kurusan?”

“Kasihan ya si kakak masih kecil, mamanya hamil lagi. Emang tidak KB ya?”

Dan berbagai pertanyaan senada lainnya yang tujuannya mungkin sekadar basa basi tapi sungguh bisa menorehkan luka di hati.

Kita kemudian mengenal perilaku tersebut dengan istilah “mom shaming”. Para Mama yang diharapkan dapat saling mendukung malah saling serang. Ini fakta yang sangat menyedihkan.

Hidup di masa pandemi saja sudah berat. Apalagi ditambah dengan kritikan pedas dari sesama mama.

Ayolah, Ma. Daripada sibuk saling menghujat, yuk kita sama-sama belajar di Popmama Parenting Academy 2021.

Rangkaian Acara Popmama Parenting Academy 2021, Bertabur Ilmu Parenting dan Hadiah

Popmama Parenting Academy 2021 atau disingkat POPAC 2021 merupakan acara spesial dari Popmama.com yang tahun ini mengusung tagline Parents Support Parents.

Popmama.com sendiri merupakan media online yang selama ini hadir dengan berbagai konten worth-sharing yang trending dan relevan untuk millennial mama di Indonesia.

Di tahun kedua pandemi ini Popmama Parenting Academy kembali digelar secara virtual mulai tanggal 1-31 Desember 2021 melalui platform seperti Instagram, Youtube, Zoom dan juga WhatsApp.

Sayang banget lho kalau Mama sampai melewatkan momen POPAC 2021 karena ada berbagai kegiatan online menarik yang bisa Mama lakukan bersama Papa dan si Kecil dari rumah.

Akan ada Webinar, Kuliah Whatsapp, Content Series, Community Awards, dan Popmama Little Stars 2021.

Yup, acara Popmama Parenting Academy  ini bukan dikhususkan untuk para Mama saja, tetapi juga melibatkan Papa dan anak-anak.

Nah, kira-kira ada keseruan apa saja yang ada di event Popmama Parenting Academy 2021. Yuk, kita intip rangkaian acara POPAC selama bulan Desember 2021.

Beragam Kelas Online dengan Narasumber Ah‎li‎

Pandemi tidak membatasi aktivitas kita sebagai orang tua, termasuk untuk belajar menjadi orang tua yang lebih baik lagi.

Baagaimana kita bisa mengasuh anak dengan baik kalau kita sendiri tidak punya ilmunya. Maka tidak heran bila masih banyak orang tua yang saling menjatuhkan karena dangkalnya ilmu pengasuhan yang mereka itu miliki.

Itu sebabnya menambah wawasan dalam dunia pengasuhan bagi orang tua adalah sangat penting.

Bersyukur, sebagai orang tua milenial kita begitu dimanjakan dengan teknologi sehingga tidak mengalami kesulitan jika ingin mengakses berbagai informasi maupun ilmu terkait cara mendidik anak.

Nah, salah satu situs  terpercaya yang saya sering jadikan rujukan ketika  mencari artikel parenting ya popmama.com.

Apalagi sejak tahu Popmama punya event seru yang tidak hanya menghibur tetapi juga mengajak para orang tua untuk sama-sama belajar.

Karena menjadi orang tua tidak ada sekolahnya sehingga popmama.com menghadirkan Popmama Parenting Academy (POPAC) sebagai tempat belajar keluarga milenial

Ya, di ajang POPAC 2021 Mama dapat mengikuti berbagai kelas parenting online dengan topik-topik yang sangat menarik.

Tidak hanya ilmu pengasuhan, Mama juga bisa mengikuti workshop maupun sharing session yang dapat menambah wawasan Mama tentang literasi keuangan, bisnis, kesehatan mental dan masih banyak lainnya.

Narasumber yang dihadirkan juga bukan sembarangan lho tapi mereka yang ahli dari berbagai latar belakang

Berikut ini berapa narasumber yang akan hadir dan berbagi pengalamannya di POPAC 2021.

  • Rika Endang Triyani (Storyteller)
  • Samanta Elsener, M.PSi, Psikilog (Psikolog Anak dan Keluarga)
  • Rista Zwestika Reni, S.Sos, AWP CFP (Financial Planner)
  • Dr. Marlin Cecilia Malonda, SP.A (Dokter Anak)
  • Vera Itabiliana, S.PSi, Psikolog (Clinical Child & Family Pshychologist, Tiga Generasi)

Dan masih banyak lainnya.

Dilengkapi dengan Content Series Menarik

POPAC 2021

Belajar di POPAC 2021 semakin menarik  dengan berbagai content series yang disusun dalam bentuk kurikulum dan kategorinya sesuai dengan topik yang diangkat pada Kelas Online POPAC 2021.

Kategori yang terdapat pada Content Series ini antara lain :

  • Education, artikel seputar pendidikan anak
  • Health, artikel seputar kesehatan anak
  • Child Abused Prevention,  artikel terkait pencegahan terhadap kekerasan anak
  • Family Economic, artikel seputar ekonomi keluarga
  • Community, menampilkan laman Popmama Community. Mama yang tertarik bergabung di komunitas Popmama ini bisa melakukan registrasi terlebih dahulu. Setelah bergabung di Popmama Community, Mama bisa sharing pengalaman, berbagi tips pengasuhan dan juga bisa mengajukan pertanyaan ke ahli.

Pada masing-masing kategori selain Community terdapat 10 artikel. Untuk mendapatkan lebih banyak artikel terkait, Mama bisa langsung menuju situs popmama.com.

Jadi, content series yang ada di POPAC 2021 merupakan artikel-artikel Popmama.com yang berkaitan dengan topik yang diangkat di webinar atau kuliah whatsapp.

Jika Mama membuka salah satu artikel yang ada di content series, Mama akan menemukan satu atau dua Online Class yang relate dengan artikel tersebut.

Ada Kompetisi untuk Mama, Papa dan Si Kecil dengan Hadiah Jutaan Rupiah

Popmama menyadari bahwa setiap dukungan yang tidak saling menjatuhkan sesama orang tua sangatlah penting.

Terutama di masa pandemi ini, sebagai orang tua kita pasti menghadapi banyak tantangan berat dalam mendidik anak dari rumah. Belum lagi ditambah dengan berbagai pekerjaan domestik yang seolah tak ada habis-habisnya.

Terkadang karena saking sibuknya mengurus keluarga dan pekerjaan lainnya kita sampai lupa untuk bersenang-senang.

Nah, melalui acara POPAC 2021, Popmama tidak hanya mengajak Mama dan keluarga belajar untuk meningkatkan wawasan sebagai orang tua melainkan juga seru-seruan dengan mengadakan berbagai kompetisi.

Lomba Blog Parenting Academy 2021

Kompetisi pertama ada Lomba Blog Popmama Academy 2021 yang bisa diikuti oleh Mama Blogger, para Papa yang ingin ikutan juga boleh dong.

Kompetisi ini terbuka untuk siapa pun yang memiliki blog karena artikel yang diikutkan harus dipublikasikan ke blog baik yang menggunakan platform WordPress, Blogspot, Wix dan domain berbayar.

Cukup dengan menulis 1 artikel saja Mama dan Papa yang ikut kompetisi ini berpeluang mendapatkan hadiah jutaan rupiah.

Bahkan ada juga nih hadiah hiburan berupa 3 Oven Listrik Pero 28 Liter yang akan untuk mendapat pemenangnya akan diundi dari seluruh artikel peserta.

Pemenang lomba ini nantinya akan diumumkan dalam acara Awarding Night Popmama Parenting Academy 2021 pada hari Rabu, 22 Desember 2021 dan juga akan dimuat di media sosial popmama.com.

Popmama Little Star 2021

Popmama Little Star 2021

Kompetisi selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah Popmama Litter Star 2021 bertajuk Ayo Tunjukkan Bakat Si Kecil melalui media sosial Instagram/Tiktok.

Kompetisi yang ditujukan untuk anak usia 7-14 tahun ini sudah berlangsung dari tanggal 15 Oktober-15 November 2021 dan juga memperebutkan hadiah jutaan rupiah.

Nantinya bakat 10 finalis Popmana Little Kids akan ditampilkan di acara Popmama Parenting Academy 2021.

Community Awards

Keseruan POPAC 2021 tentunya semakin seru dengan adanya Community Awards yang tahun ini terbagai atas dua kategori yaitu Supportive Community dan Educative Community.

Supportice Community ditujukan untuk komunitas yang memberikan dukungan terhadap anggotanya dan masyarakat di luar komunitasnya.

Dukungan yang diberikan haruslah berupa dukungan seputar kesetaraan, dukungan perlindungan ibu dan anak, dukungan kerukunan, inklusi dan demokrasi di masyarakat.

Sedangkan Educative Community diperuntukkan oleh komunitas yang memiliki program yang mengedukasi anggotanya dan masyarakat di luar komunitasnya.

Pendidikan yang dimaksud berupa pendidikan seputar kesehatan ibu dan anak, pendidikan anak usia dini, pendidikan kepada keluarga (ibu dan ayah), edukasi finasial dan lain sebagainya.

Komunitas yang mendaftar harus menunjukkan bukti gerakan dukungannya dengan narasi mengenai kegiatan dan bukti-bukti yang mendukung. Selain itu harus dilengkapi pula dengan data susunan pengurus dan foto kegiatan.

Hadiah awardnya sendiri berupa uang bantuan operasional sebesar Rp5.000.000 dan plakat untuk masing-masing kategori.

Berbagi bersama Popmama.com.

Tingginya angka kematian akibat COVID-19 di Indonesia mengakibatkan ribuan anak di Indonesia harus kehilangan orangtuanya.

Bagaimanapun juga, mereka adalah generasi penerus Indonesia yang harus dijaga masa depannya.

Oleh sebab itu sebagai rangkaian dari acara POPAC 2021, Parents support Parents Popmama.com juga mengadakan penggalangan dana yang akan digunakan untuk membantu biaya pendidikan dan kebutuhan harian anak-anak yang kehilangan orangtuanya karena COVID-19.

Seluruh dan yang terkumpul nantinya akan disalurkan melalui program #KawalMasaDepan.

Penggalangan dana ini masih terbuka hingga penghujung tahun 2021. Yuk, Mama ikut berbagai bersama Popmama.com.

Seberapa pun donasi yang kita berikan pasti sangat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan.

Peluncuran Buku Parenting Guidance of Pandemic Generation

Anak-anak yang lahir dan menjalani masa kanak-kanaknya di masa pandemi adalah anak yang istimewa. Mereka adalah anak-anak yang bisa bertahan melalui masa sulit dan beradaptasi dengan banyak hal dalam waktu yang mendadak.

Tidak bisa dimungkiri, pandemi mengubah banyak hal dalam hidup kita termasuk mengubah fisik dan mental anak-anak.

Segi perkembangan psikologi, sosial, dan kognitif mereka juga terpengaruh akibat pandemi sehingga menyebabkan beberapa masalah mental dan fisik yang jika dikembalikan ke ranah ilmu sains, bisa menjadi hal positif dan negatif untuk masa depan anak-anak kita.

Oleh sebab itu sebagai salah satu rangkaian POPAC 2021 popmama.com akan meluncurkan buku Parenting Guidance of Pandemic Generation yang isinya adalah pemetaan perubahan yang terjadi pada anak-anak semasa pandemi, pendapat dari pakar untuk memakai perubahan itu menjadi sebuah kekuatan dan cara dari pakar untuk memperbaiki masalah yang terjadi.

Buku ini nantinya dapat Mama unduh secara gratis di lama popac.popmama.com.

Demikian ulasan mengenai rangkaian acara  Popmama Parenting Academy 2021. Sangat menarik, bukan?

Yuk, Mama jangan sampai ketinggalan acara keren ini. Mari kita manfaatkan akhir tahun dengan mengupgrade wawasan sekaligus saling support sesama orang tua.

Sumber gambar @popmama.parenting.academy

Referensi : popac.popmama.com

Share this post

Siska Dwyta. Blogger asal Gowa, Sulawesi Selatan. Ibu dari dua putra yang doyan menulis di blog. Baginya cara terbaik menjaga kenangan adalah menulis. Dengan begitu kenangan hidupnya akan abadi.

1 comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.