Sobat Kenangan yang punya bayi perlu tahu nih salep ruam popok dan manfaat bagi kulit bayi. Seperti yang diketahui, salep ruam popok merupakan salah satu produk perawatan kulit yang wajib tersedia di rumah.

Produk yang satu ini bahkan selalu dibawa orang tua yang kemanapun pergi. Pasalnya, ruam popok merupakan masalah kesehatan kulit yang sering terjadi pada bayi yang masih menggunakan popok sekali pakai setiap harinya.

Oleh sebab itu orang tua patut waspada dengan menyediakan stok salep ruam untuk bayi. Ya, meskipun umum dialami namun kondisi iritasi kulit ini tidak boleh dibiarkan begitu saja karena dapat mengganggu kenyamanan si Kecil.

Ruam yang dibiarkan bukan hanya berpotensi mengalami infeksi bakteri, namun juga bisa menjadi media sempurna bagi jamur berkembang biak.

Alhasil, ruam popok yang semula hanya nampak merah jadi berair dan juga gatal akibat infeksi jamur.

Kendati tidak otomatis menyembuhkan, namun pemberian salep ruam popok setidaknya dapat meringankan atau meredakan gejala ruam yang muncul. Seperti kulit kemerahan akibat iritasi, lecet dan juga gatal yang mengganggu.

Nah, Sobat Kenangan perlu tahu bahwa salah satu bahan aktif yang memberikan efek tersebut adalah vitamin B5 yang juga disebut sebagai asam pantotenat.

Jadi, apa sebenarnya vitamin B5 ini? Apa pula manfaatnya bagi kesehatan kulit bayi? Temukan informasinya di bawah ini, yuk!

Mengenal Vitamin B5 Pada Salep Ruam Popok

Vitamin B5 yang juga dikenal dengan sebutan asam pantotenat adalah keluarga vitamin B kompleks yang memiliki sifat larut air.

Seperti vitamin B lainnya, vitamin B5 tidak dapat dibentuk sendiri oleh tubuh sehingga jika ingin merasakan manfaatnya, Sobat Kenangan harus mendapatkannya melalui sumber lain salah satunya salep yang mengandung bahan ini.

Vitamin B5 secara umum memiliki fungsi untuk memecah karbohidrat dan juga lemak menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Menariknya, vitamin ini ternyata juga memiliki manfaat lain yaitu menjaga kesehatan kulit. Sumber dari kelebihan vitamin B5 adalah dari sifat humectant yang dimilikinya.

Humectant sendiri berarti mampu mengikat air ke dalam sel kulit dan menahannya di sana sehingga kulit dapat terhidrasi dengan lebih baik.

Sehubungan dengan fungsinya itu, dalam salep ruam sifat ini membantu kulit bayi yang teriritasi agar tidak pecah-pecah, memerah ataupun mengelupas akibat kering.

Maka tidak heran, selain digunakan pada salep ruam popok, vitamin ini juga banyak digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit seperti krim wajah maupun lotion.

Manfaat Vitamin B5 dalam Salep Ruam Bagi Kulit Bayi

Secara spesifik, kandungan vitamin B5 dalam salep ruam popok memiliki sejumlah manfaat seperti:

Membantu menghidrasi kulit

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, vitamin B5 memiliki sifat humectant atau menyerap air ke dalam sel kulit dan menguncinya sehingga sel-sel kulit dapat terhidrasi dengan baik.

Ketika buah hati mengalami ruam popok, tidak jarang area kulit yang iritasi menjadi kering dan bahkan mengelupas.

Kondisi ini dapat diredakan dengan vitamin B5 yang ada pada salep ruam. Dengan penggunaan teratur di bagian yang kering dan memerah, kulit buah hati akan berangsur lebih lembab dan lembut.

Membantu penyembuhan luka

Selain mengkonsentrasikan kadar air agar terkunci dalam sel kulit, vitamin B5 juga memiliki fungsi lain yakni merangsang produksi kolagen dalam sel kulit.

Kolagen sendiri dikenal sebagai protein yang mampu menjaga elastisitas dan kelembaban kulit. Ketika produksi kolagen meningkat, maka kulit yang tadinya lecet karena ruam akan lebih cepat menutup dan lembut kembali khas kulit bayi.

Meredakan peradangan

Iritasi kulit yang terjadi saat bayi terkena ruam popok merupakan salah satu bentuk peradangan kulit akibat kontak dengan popok kotor dan juga gesekan dengan permukaan popok yang bersifat asam akibat urin dan feses.

Vitamin B5 memiliki efek antiinflamasi yang membantu meredakan iritasi dan menyejukkannya (soothing effect) sehingga kemerahan pada kulit, rasa panas dan juga gatal dapat berangsur membaik.

Dengan memertimbangkan berbagai manfaat tersebut, selalu sedia salep ruam popok dengan kandungan vitamin B5 adalah sebuah langkah bijak.

Jadi, kapan pun si Kecil membutuhkan pertolongan salep ruam untuk meringankan iritasi, Sobat Kenangan bisa segera memberikan penanganan pertama yang diperlukan. Namun ingat, jika ruam berlanjut dan semakin parah, segera hubungi dokter ya.

Demikian ulasan mengenai salep ruam popok dan manfaatnya untuk si kecil yang masih menggunakan popok sekali pakai.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Referensi :

  • Rose Wilson, Vitamin B5, 24 April 2017, medicalnewstoday. Diakses pada 8 Mei 2022 dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/219601
  • Dendy Engelman, Pantothenic Acid for Skin, 17 Oktober 2021, byrdie. Diakses pada 8 Mei 2022 dari https://www.byrdie.com/panthenol-for-skin-the-complete-guide-4770218
  • Carissa Stephen, Diaper Rash Treatment Tips, 29 November 2022, healthline. Diakses pada 8 Mei 2022 dari https://www.healthline.com/health/home-remedies-diaper-rash#keep-it-clean-and-dry