Membangun Personal Branding Lewat Tribelio Page

Membangun personal branding lewat Tribilio Page, why not? Di era digital seperti sekarang ini ada banyak platform yang bisa kita manfaatkan untuk membangun personal branding. 

Kebanyakan sih memilih media sosial sebagai cara mudah dan praktis untuk branding diri. Namun menurut saya membangun personal branding lewat media sosial saja tidak cukup.

Pasalnya jika ingin membangun personal branding maka kita harus rajin mempromosikan diri. Kita ingin dikenal sebagai apa? Potensi apa yang kita miliki? Produk seperti apa yang kita tawarkan?

Pastinya rempong ya kalau mau dipromosikan satu-satu di media sosial berbeda. Akan lebih baik kalau kita punya sebuah laman khusus yang memuat informasi jelas terkait diri, keahlian dan produk yang kita tawarkan.

Dengan begitu kita tidak perlu capek-capek lagi menjelaskan karena semua sudah tertera di sana. Jadi orang yang membuka laman tersebut bisa langsung tahu brand kita.

Nah, di sinilah pentingnya memanfaatkan platform Tribelio Page untuk personal branding. Cukup dengan membuat akun dan memiliki landing page di platform ini kita bisa lho melakukan promosi dengan mudah.

Apalagi Tribelio sudah dilengkapi dengan berbagai fitur menarik seperti instant payment yang dapat menunjang bisnis kita. Nah, penasaran ingin mengetahui lebih jauh tentang Tribelio? Yuk kita bahas!

Berkenalan dengan Tribelio

People DO NOT refund Relationship, but People do refund Transactions” – ketika good relationship terbangun antara pebisnis dengan customer; influencer dengan follower; brand dengan masyarakat, maka mereka tidak akan mudah berpaling (Denny Santoso

Berbicara mengenai Tribelio berarti kita bicara juga tentang komunitas. Orang yang membangun personal branding pun pastinya tidak lepas dari komunitas.

Sebagai contoh, sudah beberapa tahun belakangan ini saya berusaha mem-branding diri sebagai blogger. Langkah yang saya lakukan bukan hanya mempromosikan blog lewat media sosial tetapi juga bergabung di berbagai komunitas blogger.

Ya, bergabung dengan sebuah komunitas akan sangat memudahkan kita dalam membangun personal branding yang tujuannya memang untuk bisnis dan karir.

Lantas apa hubungannya Tribelio dan komunitas? Oh jelas ada dong.

Tribelio adalah platform berbasis komunitas All in One Community Management Platform yang didirikan oleh Denny Santoso dengan maksud untuk membantu orang-orang yang ingin membangun dan mengelola komunitas sekaligus memperoleh pendapatan dari keberadaan komunitas dalam bisnis mereka tersebut.

Seperti yang kita ketahui bersama para pelaku bisnis biasanya memiliki grup komunitas di media sosial sebagai tempat untuk berkumpul mendiskusikan banyak hal termasuk memasarkan produk.

Namun grup yang dibuat melalui platform media sosial aksesnya sangat terbatas, misal untuk mengakses database anggota, memasukkan konten dan lain sebagainya.

Karena itu sosok yang dikenal sebagai digital marketer ini tergerak untuk meluncurkan Tribelio. Menurut Denny, kehadiran Tribelio dapat menjadi solusi untuk kebutuhan entrepreneur, business owner, brand owner, maupun influencers dalam mengelola bisnisnya melalui komunitas.

Bikin Landing Page di Tribelio untuk Personal Branding

Seperti yang sudah disinggung di atas, platform Tribelio bukan dikhususkan semata untuk para pebisnis. Influencer maupun blogger juga bisa banget memanfaatkan platform ini untuk meningkatkan personal branding dan engagement sekaligus mendapatkan penghasilan.

Yup, pekerjaan blogger kan nggak jauh-jauh dari digital marketing. Dimana kita sering dapat tawaran kerjasama dengan brand atau agensi untuk mempromosikan website atau produk mereka.

Karena itu kita dapat membangun personal branding sebagai blogger dengan membuat landing page di Tribelio page.

Tribelio page adalah sebuah halaman website yang dirancang khusus untuk kebutuhan marketing.

Asyiknya bikin landing page di platform milik Denny Santoso ini karena serba gratis. Kita nggak perlu ngeluarin duit buat beli domain, hosting maupun theme, cukup buat akun saja di Tribelio atau masuk dengan menggunakan akun Google, setelah itu kita bakal dapat akses membuat landing page.

Cara membuat landing page di Tribelio Page juga mudah banget. Yang tidak punya keahlian otak-atik template atau desain landing page pun pasti bisa membuatnya.

Theme landing page-nya sudah tersedia. Tinggal pilih sesuai selera mau pake tema yang mana. Kalau sudah dapat tema yang “loe banget” tinggal masukkan informasi singkat terkait identitas kamu.

Kemudian masukkan beberapa gambar dan keterangan penting lainnya yang menunjukkan branding kamu.

Misalkan sebagai penulis, kamu bisa masukkan gambar buku-buku yang sudah terbit sekaligus mencantumkan harganya jika buku-buku tersebut masih dalam masa produksi atau dijual.

Selain itu kamu juga bisa mengumpulkan semua link media sosial, blog atau website, video, gambar dan lain sebagai dalam satu page. Sangat menarik, bukan?

tribelio page

Gambar di atas adalah contoh landing page sederhana yang sudah saya buat di Trabelio page. Karena saya ingin mem-branding diri sebagai lifestyle blogger sehingga saya menekankannya di awal yakni dengan menulis keterangan tersebut pada heading (judul landing page) setelah nama saya.

Kemudian saya menambahkan sedikit informasi mengenai diri, serta menyisipkan beberapa karya buku dan blog yang saya kelola.

Tak lupa saya juga menyematkan akun media sosial dan alamat email  yang dapat dihubungi jika ada yang tertarik bekerjasama. Untuk lebih jelasnya kamu bisa langsung intip di tribelio.page/siskadwyta ya.

Saya merasa cukup menggambarkan diri saya dengan menyertakan informasi singkat tersebut. Tentu saja bila memiliki produk jualan saya bisa menambahkan keterangan produk beserta harganya di page tersebut.

Sebagai tambahan informasi Tribelio Page menawarkan dua pilihan landing page yakni free plan dan page plan.

Kalau masih pemula atau baru mengenal Tribelio page seperti saya, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan layanan gratisnya dulu.

Setidaknya dengan akses gratis ini kita sudah dapat menikmati berbagai fiturnya seperti data audiens, analitik pengunjung dan instant payment. 

Namun yang namanya gratis pasti ada batasannya dimana dalam satu akun kita hanya dapat membuat maksimal 2 halaman. Fitur-fiturnya juga terbatas.

Tidak seperti akses premium which is kita bebas membuat landing page hingga 50. Selain itu kita juga bisa custom domain, hapus watermark, mendapatkan informasi detail mengenai total interaksi per kunjungan, menambahkan Facebook Pixel dan beberapa fitur canggih lainnya yang tidak terdapat pada layanan gratis.

Menariknya lagi nih, biaya yang dikeluarkan untuk berlangganan Page plan hanya 99K per bulan. Sangat terjangkau ya?

Nah, kalau sudah merasakan sendiri enaknya punya Tribelio page plus mendapat keuntungan dari platform berbasis komunitas ini kamu bisa mempertimbangkan untuk upgrade ke Tribelio page versi premium. Dijamin nggak bakal rugi deh.

Instant Payment di Tribelio Mudahkan Transaksi

Instant payment di Tribelio mudahkan transaksi

Oh ya saya pertama kali kenal platform Tribelio dari Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN) yang merupakan bagaian dari Komunitas Indscript Creative.

Well, pada tanggal 7 Juli kemarin saya berkesempatan menyimak sharing session yang disampaikan langsung oleh Denny Santoso selaku founder Tribelio dan dipandu oleh Indari Mastuti yang merupakan Ketua Komunitas Indscript Creative.

Sesuai temanya, pada kesempatan itu Pak Denny menjelaskan berbagai kemudahan transaksi dengan fitur Instant Payment yang ada pada Trabelio.

Honestly, saya excited banget saat tahu ternyata Tribelio juga sudah dilengkapi dengan fitur Instant Payment yang memudahkan untuk melakukan transaksi digital.

Tadinya saya kira, platform ini hanya digunakan untuk membuat landing page sebagai sarana mempromosikan produk maupun membangun personal branding, ternyata setelah saya eksplore kegunaannya lebih dari itu.

Apalagi dengan adanya layanan Instant Payment, kalau ada yang mau melakukan transaksi dengan kita yang punya usaha, nggak perlu ribet lagi kasih nomor rekening dan nanyain si customer mau bayar pake metode apa. Tinggal sodorin link pembayarannya.

Link Instan Payment yang kita buat di Tribelio juga bisa kita sebar kemana-mana lho, mau di media sosial, blog atau Tribelio page. Bebas!

Customer yang melakukan transaksi via Instant Payment juga pastinya dimudahkan karena bisa melakukan transaksi secara mandiri tanpa perlu bertanya-tanya lagi.

Pun bebas memilih metode pembayaran dan jasa ekpedisi yang ingin digunakan. Mirip-miriplah dengan transaksi yang biasa dilakukan lewat marketplace.

Lalu bagaimana caranya membuat Instant Payment? Gampang. Pastikan kamu sudah buat landing page di Tribelio dulu ya.

Selain itu pastikan juga kamu sudah melakukan verifikasi data diri  dan memasukkan alamat lengkap yang ada pada fitur pengiriman di dasbor Tribelio page.

Selanjutnya silakan buka menu commerce lalu pilih Instant Payment maka akan muncul form seperti di bawah ini.

Instant payment tribelio

Langkah berikutnya kamu hanya perlu mengisi data sesuai yang tertera pada form, mulai dari nama Instant Payment, link, harga produk, tipe produk dan unggah gambar pendukung.

Kamu juga bisa memilih advance setting  dengan menambahkan tag jika diperlukan. Setelan semua data terisi dengan benar silakan klik simpan dan selamat. Link transaksi via Instan Payment sudah jadi dan bisa kamu bisa sebarkan ke mana saja. Gampang banget, kan?

Penutup

Kemudahan dalam mengakses berbagai platform digital merupakan sebuah peluang yang bagus untuk membangun personal branding baik sebagai pebisnis, influencer maupun blogger.

Terlebih dengan adanya platform seperti Tribelio page yang didirikan oleh Denny Santoso sebagai salah satu kendaraan digital marketing yang targetnya untuk membangun komunitas.

Tentu akan lebih mudah mempromosikan jasa maupun produk di dalam komunitas. Saya sudah mencobanya, sekarang giliran kamu.

Dengan Tribelio page urusan marketing jadi lebih praktis. So, tunggu apalagi. Yuk, segera bergabung bersama Tribelio. Buat landing page-mu dan nikmati layanan Instant Payment.

Semoga informasi yang saya bagikan kali ini mencerahkan ya.

3 pemikiran pada “Membangun Personal Branding Lewat Tribelio Page”

  1. Kalau ngobrolin bisnis memang jadi beda ya…
    Butuh kepercayaan, butuh branding yang kuat. Salah satu yang bisa dimanfaatkan adalah membuat landing page di Tribelio. Cantik, tampilannya clean.

    Balas
  2. Aku jadi inget Ama LinkedIn, mungkin agak mirip itu juga ya mba. Landing page ini isinya kan data2 kita, seperti CV lah ya sebenernya.

    Tapi bedanya ini bisa utk transaksi keuangan sekalian, LBH komplit kan… 👍

    Jadi sebenernya blogger yang memang ada niat utk monetisasi blognya jadi lebih gampang juga buat branding diri. Apalagi segala macam portofolio nya bisa dilihat dari landing page tadi kan yaaa

    Balas
  3. Wah, selain branding ada fitur pembayaran instan juga ya. Saya baru tahu Tribelio ini. Jadi pengen tahu lebih biar makin paham dan bisa memanfaatkan.

    Balas

Tinggalkan komentar