Kamar Kenangan

Cara terbaik menjaga kenangan adalah dengan menulis

Info

Cara Membuat Disinfektan di Rumah

Cara Membuat Disinfektan di Rumah

Kasus COVID-19 memang telah menurun drastis namun belum benar-benar hilang dari muka bumi. Itu sebabnya penting mengetahui cara membuat disinfektan sendiri di rumah.

Yup, salah satu protokol kesehatan yang tetap perlu dilakukan bahkan meski pandemi telah berlalu adalah menjaga kebersihan tubuh maupun rumah tempat tinggal kita.

Setidaknya dengan rajin mencuci tangan menggunakan air mengalir atau hand sanitizer  dan menjaga kebersihan rumah dengan rutin menyemprotkan cairan disinfektan ke benda-benda yang sering disentuh langsung oleh tangan dapat menghindarkan kita dari berbagai kuman pembawa penyakit.

Bicara mengenai disinfektan, cairan ini memang mudah ditemukan di pasaran namun alih-alih membeli, kita juga bisa membuatnya sendiri di rumah lho. 

Apalagi cara membuatnya gampang banget. Hanya menggunakan bahan-bahan sederhana yang biasa ada di rumah. Pastinya juga lebih hemat ketimbang mengeluarkan uang lagi untuk membeli cairan yang ampuh membunuh virus corona tersebut.

Lantas bagaimana cara membuat cairan disinfektan secara mandiri di rumah? Yuk kita ulas!

Cara Membuat disinfektan di rumah

Disinfektan

Berdasarkan penjelasan Hello Sehat, disinfektan merupakan cairan yang berfungsi untuk membunuh kuman, seperti bakteri, virus, serta mikroorganisme lainnya yang berbahaya pada permukaan benda mati.

Cairan ini biasanya terbuat dari alkohol, hidrogen peroksida, atau bahan lainnya yang cukup kuat untuk menghambat penularan penyakit, termasuk yang marak beberapa waktu lalu.

Oleh karena fungsinya yang dapat membunuh berbagai kuman serta mencegah penyakit menular seperti yang marak beberapa waktu lalu yakni sebagai pencegahan COVID-19. sehingga keberadaan disinfektan sangat dibutuhkan.

Apalagi cairan ini juga dapat membantu menunjang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kita sehari-hari. Jadi stoknya memang harus selalu ada.

Nah, buat Sobat Kenangan yang tertarik membuat disinfektan sendiri di rumah, yuk ikuti langkah-langkahnya berikut ini!

Siapkan alat dan bahan

Sebenarnya ada berbagai bahan yang bisa kita gunakan untuk membuat disinfektan. Seperti yang disinggung di atas, bisa menggunakan alkohol, hidrogen peroksida dan lain sebagainya.

Nah, di artikel ini saya khusus membahas cara pembuatan disinfektan dengan bahan dasar pemutih sesuai dengan yang direkomendasikan Pusat pengendalian dan pencegahan penyakit (CDC) di Amerika Serikat.

Yap, cairan pemutih pakaian yang sering kita temukan di rumah ternyata efektif membunuh kuman. Hal ini karena cairan pemutih mengandung natrium hipoklorit yang ampuh membasmi kuman.

Tentunya bahan yang satu ini bisa banget jadi andalan kamu yang ingin membuat disinfektan ekonomis karena umumnya pemutih pakaian di pasaran dijual dengan harga terjangkau.

Walau demikian, kamu tetap harus berhati-hati bila ingin menggunakan cairan pemutih pakaian sebagai disinfektan.

Pasalnya, pemutih memiliki sifat kaustik yaitu mudah menyebabkan iritasi pada kulit. Terlebih lagi, pemakaian cairan pemutih yang kurang tepat berisiko menimbulkan uap beracun yang berbahaya bila terhirup oleh manusia.

Namun tidak perlu khawatir asalkan kamu melakukan proses pembuatan yang benar, cairan pemutih tersebut bisa kamu gunakan sebagai disinfektan secara aman.

Nah, berikut adalah beberapa alat dan bahan yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu :

  • Alat yang dibutuhkan
    Botol kaca beserta tutupnya
  • Botol semprot plastik.
  • Gelas ukur
  • Sarung tangan karet atau sarung tangan sekali pakai
  • Lap kain lembap atau kain microfiber.
  • Masker N95 atau masker bedah.
  • Bahan yang diperlukan :
    Air bersih
  • Cairan pemutih pakaian dengan natrium hipoklorit 5-9% (biasa tersedia di supermarket)

Cara membuat cairan disinfektan

Sebelum mencampurkan kedua bahan yang digunakan (air dan cairan pemutih) kita perlu memperhatikan terlebih dahulu takarannya.

  • Untuk membersihkan permukaan benda mati seperti meja, lantai, wastafel, takaran yang digunakan yaitu 240 ml pemutih dan 18,9 liter air atau 2,5 sendok makan pemutih dan 2 gelas air.
  • Untuk membersihkan permukaan benda yang sudah ditumbuhi jamur atau lumut takaran yang digunakan yaitu 240 ml pemutih dan 3,8 liter air.

Selanjutnya berikut langkah-langkah mencampurkan keduan bahan disinfektan :

  • Langkah pertama tuangkan cairan pemutih pakaian ke dalam botol kaca dengan hati-hati
  • Selanjutnya tambahkan air bersih ke dalam botol kaca yang sudah terisi pemutih
  • Tutup botol kaca hingga rapat, kemudian kocok secara perlahan agar air dan pemutih tercampur dengan merata
  • Jika larutan pemutih dan air sudah tercampur dengan baik, tuang atau pindahkan ke dalam botol semprot plastik agar mudah digunakan
  • Cairan disinfektan rumahan siap digunakan

Sebagai catatan, lakukan proses pembuatan disinfektan ini di tempat terbuka atau ruangan dengan ventilasi yang baik dan jendela dalam keadaan terbuka.

Selain itu jika selama proses pembuatan ada cairan pemutih yang tidak sengaja tumpah dan menyentuh kulit Sobat segeralah lap dengan kain basah atau kain yang lembap agar terhindari dari iritasi yang parah.

Demikian ulasan mengenai cara membuat cairan disinfektan yang dapat Sobat Kenangan terapkan di rumah. Caranya mudah banget, kan? Selamat mencoba.

Share this post

Siska Dwyta. Blogger asal Gowa, Sulawesi Selatan. Ibu dari dua putra yang doyan menulis di blog. Baginya cara terbaik menjaga kenangan adalah menulis. Dengan begitu kenangan hidupnya akan abadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.