Kamar Kenangan

Cara terbaik menjaga kenangan adalah dengan menulis

Beranda » Skill yang Perlu Dimiliki Blogger

Skill yang Perlu Dimiliki Blogger

Sebelum bahas mengenai skill yang perlu dimiliki blogger saya ingin cerita sedikit dulu ya tentang basic pendidikan saya. Sebagai lulusan sarjana pendidikan matematika paling tidak skill yang saya miliki adalah mengajar dan memiliki kecakapan dalam berhitung sekaligus memecahkan soal yang membutuhkan daya berpikir.

Sayangnya skill tersebut sudah saya tinggalkan sejak empat tahun lalu tepatnya setelah menikah dan hijrah ikut suami ke Sulawesi.

Saya sendiri yang memutuskan resign dari pekerjaan setelah hidup berumah tangga. Padahal orang tua berharap saya bisa mengikuti jejak mereka, menjadi PNS. Suami pun mendukung jika saya ingin kembali mengajar di sekolah.

Namun saya tidak bisa memenuhi harapan orang tua saya. Dukungan dari suami juga saya abaikan. Bukan berarti saya tidak menghargai mereka. Saya tahu maksud mereka baik but this is my life dan saya berhak menentukan apa yang menjadi pilihan hidup saya.

Meski sudah menyandang gelar sarjana pendidikan, saya memang tidak berniat ingin menjadi guru. Saya justru baru menemukan apa yang benar-benar menjadi cita-cita saya lepas wisuda.

Dan di sinilah saya sekarang berada. Menjadi ibu rumah tangga sebagaimana yang saya cita-citakan. Meski profesi yang saya lakoni ini masih dipandang sebelah mata oleh kebanyakan orang tapi saya bahagia kok menjalaninya.

Karena dari keputusan tinggal di rumah inilah saya akhirnya menemukan passion saya yang sebenarnya yakni menjadi blogger.

Nah, kalau ditanya apakah masih ada keinginan untuk menghidupkan kembali skill yang sudah lama saya tinggalkan? Jawaban saya iya, tapi bukan dengan kembali mengajar di sekolah.

Karena saya lebih enjoy menikmati passion saya sebagai blogger jadi saya sempat kepikiran mau bikin blog khusus matematika. Biar skill yang saya dapat di bangku kuliah dulu bisa tetap tersalurkan dengan baik.

Eh tapi ini baru sebatas keinginan dan rencana ya. Untuk realisasinya, belum terpikirkan. Pasalnya untuk saat ini masih fokus meningkatkan skill sebagai blogger.

Apa saja Skill yang Perlu Dimiliki Blogger?

Untuk memiliki sebuah blog bukanlah hal yang susah. Semua orang bisa bikin blog semudah membuat akun di platform media sosial. Apalagi kalau menggunakan blog gratisan seperti blogspot atau wordpress.com. Syaratnya cukup dengan memiliki email.

Namun untuk mengelolanya inilah yang membutuhkan keahlian. Terlebih jika kamu ingin serius menekuni dunia blog dan menjadikannya sebagai sumber penghasilan.

Lantas apa saja kemampuan yang sebaiknya dimiliki seorang blogger? Yuk kita bahas.

Menulis

Tentu saja kemampuan dasar yang wajib blogger kuasai adalah menulis. Jika ingin mengelola blog dengan baik maka kamu harus rutin mengisinya dengan postingan atau artikel yang banyak diminati orang

Menariknya, karena blog sifatnya personal sehingga kamu bebas menulis dengan gaya bahasa kamu sendiri. Bahkan menyelipkan tulisan curcol pun tak masalah asal tidak berlebihan.

Sebenarnya menulis di blog juga bukan hal yang susah, karena kamu tidak dituntut harus memiliki skill menulis layaknya jurnalistik profesional.

Yang penting kamu bisa menyajikan tulisan yang berkualitas dan sesuai dengan kaidah EYD.

Selain itu originalitas dari sebuah tulisan juga sangat penting. Jangan sampai copy paste tulisan orang lain. Itu sebabnya seorang blogger kudu rajin mengasah skill menulisnya.

Mendesain gambar

Konten blog yang menarik tidak hanya berisi tulisan tetapi juga terdapat gambar maupun infografis. Sehingga selanjutnya yang perlu kamu kuasai adalah mampu mendesain atau mengedit gambar.

Tenang saja, kamu nggak mesti jago pake aplikasi Photoshop atau Corel Draw kok, karena sekarang sudah banyak aplikasi desain dan edit photo dengan mudah. Bahkan bisa kamu lakukan lewat smartphone. Contohnya kayak Canva atau Pixelab.

Selain itu kamu bisa juga memanfaatkan situs-situs penyedia gambar gratis untuk mendapatkan gambar terbaik yang dapat menunjang artikel kamu supaya terlihat lebih menarik.

Teknik SEO

Kemampuan selanjutnya yang tidak kalah penting dan wajib blogger pahami adalah teknik optimasi mesin pencari atau terkenal dengan istilah SEO.

Sayang banget kan kalau misalkan lamu sudah buat konten yang bagus tapi minim pengunjung atau bahkan tidak ada pembacanya sama sekali.

Nah, ini yang perlu kamu ketahui. Konten blog akan mudah ditemukan pengunjung bila berada di halaman pertama Googe atau mesin pencari lainnya. Karena itu paling tidak kamu harus memami SEO dasar.

SEO yang tepat tidak hanya membawa blog kamu berada di peringkat atas mesin pencari tetapi juga memungkinkan blog kamu

Marketing

Tidak hanya mengandalkan pengunjung organik dari mesin pencari, kamu juga bisa berinisiatif sendiri untuk mempromosikan blogmu ke media sosial, keluarga, teman atau siapapun itu agar mereka tertarik mengunjungi blogmu.

Di sinilah pentingnya ilmu marketing. Bahkan menurut saya pekerjaan sebagai blogger memiliki kesamaan lho dengan penjual online. Bedanya penjual mempromosikan produknya berupa barang atau jasa sedangkan yang dipromosikan blogger adalah tulisan atau artikelnya.

Apalagi sekarang zamannya digital marketing. Banyak perusahaan atau brand yang tertarik bekerjasama dengan blogger untuk memasarkan produknya.

Sehingga pekerjaan blogger saat ini tentu tidak lepas dari  dunia marketing. Jadi tidak ada salahnya jika kamu memiliki sedikit ilmu tentang pemasaran.

Coding dasar

Keterampilan berikut ini memang tidak wajib tetapi sangat dianjurkan. Minimal kamu punya skill dasar mengenai bahasa pemograman dasar.

Untuk itu kamu perlu belajar html mengetahui sedikit tentang CSS dan javascript, sehingga ketika mengalami masalah yang berkaitan dengan blog dan harus berurusan dengan coding kamu bisa mengatasi sendiri tanpa perlu minta bantuan atau sewa jasa orang lain.

Dengan kemampuan coding, kamu juga bisa mengubah desain template blog sehingga terlihat unik dan lebih menarik lho. Ya, banyaklah manfaat yang bisa kamu dapatkan jika menguasai skill yang satu ini.

Konsisten

Last but not least, sengaja saya masukkan konsisten sebagai salah satu skill yang wajib kamu miliki jika ingin menjadi blogger.

Kalau bicara tentang konsisten memang lebih kepada sikap dan komitmen but i think ini termasuk poin yang harus kamu latih.

Pasalnya meski sudah menguasai 5 skill blogger di atas tetapi tidak diiringi dengan konsisten ya hasil yang kamu dapatkan nggak bakal maksimal.

Konsisten memang sulit tetapi bukan berarti tidak bisa. Saran saya agar bisa konsisten sebagai blogger sering-seringlah menantang diri untuk ikut tantangan seperti ODOP (One Day One Post) dan ikut lomba blog.

Kalau bingung atau kesulitan menulis kamu bisa cari ide dengan blogwalking atau jalan-jalan ke blog lain.

Selain itu penting juga untuk bergabung di berbagai komunitas blogger agar kamu bisa bertemu dengan teman-teman yang sefrekuensi.

Berkumpul dengan teman-teman yang memiliki passion  yang sama dengan kamu jelas dapat membantu dan menyemangati kamu buat rajin ngeblog.

Itulah beberapa skill yang perlu dimiliki blogger. Jadi bukan hanya menulis ya karena menulis di blog tidak sama dengan menulis sebuah buku.

Sekian. Semoga postingan ini bermnafaat.

Salam,

 

Siska Dwyta

Siska Dwyta. Blogger asal Gowa, Sulawesi Selatan. Ibu dari dua putra yang doyan menulis di blog. Baginya cara terbaik menjaga kenangan adalah menulis. Dengan begitu kenangan hidupnya akan abadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *