7 Ide Jualan Takjil Ramadan 2023 Modal Kecil Untung Besar

Ingin menambah penghasilan selama bulan ramadan? Berbagai ide jualan takjil ramadan 2023 yang saya bagikan di bawah ini bisa Sobat pilih. Terlebih jika Sobat Kenangan memang sedang mencari peluang usaha di bulan ramadan yang modalnya kecil tetapi untungnya besar.

Of course, buka puasa tidak lengkap rasanya tanpa hidangan takjil. Jadi tidak usah ragu memulai bisnis kuliner yang satu ini karena selama bulan puasa banyak masyarakat yang berburu takjil baik untuk disantap sendiri, bersama keluarga, teman-teman atau dibagi-bagikan.

Nah, buat Sobat yang tertarik dengan peluang usaha menguntungkan ini tidak perlu bingung karena ada banyak ide jualan takjil modal minim untung besar yang bisa Sobat terapkan. Untuk lebih jelasnya langsung saja kita bahas yuk!

Cari Ide Takjil Ramadan Mudah dengan Provider Internet

Sebelum bahas tentang ide jualan takjil ramadan saya singgung sedikit dulu ya mengenai pengertian takjil. Kata takjil sendiri sebenarnya diambil dari bahasa Arab yang berakar dari kata ‘ajila artinya “menyegerakan berbuka”

Namun di masyarakat, takjil dianggap sebagai hidangan berbuka yang disantap sesat setelah berbuka. Biasanya berupa kolak pisang, aneka gorengan, minuman segar dan lain sebagainya.

Mencari ide jualan takjil ramadan 2023 sebenarnya bukan hal yang sulit di zaman sekarang karena ada provider internet yang dapat kita manfaatkan untuk searching.

Selain melalui penelusuran di google saya juga suka cari ide jualan takjil lewat youtube maupun media sosial seperti tiktok atau instagram karena visualnya dapat, dalam artian saya bisa langsung melihat proses pembuatannya sehingga untuk praktiknya lebih mudah, hehe.

Dari hasil pencarian saya dengan menggunakan provider Internet dari Telkom Indonesia saya menemukan beberapa ide jualan takjil yang patut dicoba karena tidak membutuhkan modal banyak tapi keuntungannya lumayan banget.

Apalagi jika ide yang saya tuliskan ini belum banyak yang buat atau jual di sekitar tempat tinggal Sobat, pasti bakal laris manis. Yuk, yuk dicoba!

Ide Takjil Ramadan 2023

Aneka gorengan

Aneka gorengan

Di luar ramadan, jajanan gorengan sudah menjadi kudapan favorit banyak orang, apalagi saat bulan puasa. Pembelinya pasti meningkat.

Jika Sobat masih ingat, ramadan tahun lalu harga minyak goreng sempat melonjak yang menyebabkan harga gorengan juga naik. Meski demikian jajanan ini tetap banyak yang incar.

Bagi orang Indonesia, berbuka memang tidak cukup dengan yang manis-manis saja. Seperti ada yang kurang jika tidak ada gorengan.

Karena itu ide takjil ini patut Sobat pertimbangkan. Selain karena modalnya kecil, proses pembuatannya pun mudah. Apalagi harga minyak gorengan sekarang sudah tidak semahal ramadan tahun kemarin.

Beberapa jenis gorengan yang bisa Sobat jual diantaranya yaitu tempe goreng, tahu isi, pisang goreng, sukun goreng, ubi goreng dan lain sebagainya.

Selain itu ada juga nih jalangkote, gorengan khas Makassar yang bentuknya seperti pastel dan disajikan dengan sambal cair campuran cuka dan cabe. Di daerah saya, jalangkote ini yang paling laku.

Orang dari luar Makassar yang sudah mencicipi jalangkote banyak yang suka lho karena rasanya yang gurih dengan beragam isiannya yang lezat.

Kalau tertarik menjual kudapan khas Makassar yang satu ini kamu bisa coba cari resepnya di internet ya. Siapa tahu laku juga di tempat kamu.

Aneka Kolak

Aneka kolak

Ide jualan takjil yang menguntungkan berikutnya adalah kolak. Siapa yang nggak suka dengan menu yang selalu ada di bulan ramadan ini? Rasanya yang manis dari gula aren berpadu dengan gurihnya santan ditambah dengan aroma daun pandan pastilah menggugah selera.

Selain kolak pisang, sobat bisa juga mencoba menjajakan aneka kolak lainnya seperti kolak biji salak atau candik, kolak singkong atau kolak labu kuning, kolak kolang-kaling dan lain sebagainya.

Dengan mengeluarkan sedikit modal dan proses pembuatan yang terbilang mudah, Sobat bisa meraup keuntungan yang berlimpah dari berjualan kolak. Ingin mencoba?

Aneka Bubur

Aneka bubur manis

Selain kolak, bubur manis juga menjadi pilihan enak dan hangat untuk perut selepas berpuasa seharian. Tidak heran banyak yang mengincar kudapan yang satu ini, terutama yang memang doyan makan bubur.

Ada beraneka bubur manis yang bisa Sobat pilih untuk ide jualan takjil, seperti bubur mutiara, bubur sumsum, bubur ketan atau bubur kacang ijo.

Proses pembuatannya memang membutuhkan waktu yang cukup lama namun dengan bahan yang sederhana dan mudah didapat serta tingginya peminat yang berburu takjil ini kamu pasti bakal meraup keuntungan yang besar.

Aneka puding

Aneka puding

Berikutnya ada ide jualan takjil kekinian yang pembelinya tidak kalah banyak. Puding cocok jadi kudapan saat berbuka karena rasanya yang lembut dan manis. Apalagi disantap dalam keadaan dingin, pasti segar.

Ada banyak variasi puding yang bisa Sobat jadikan sebagai ide jualan takjil saat bulan puasa mulai dari kreasi puding yang simple hingga yang bahannya complete. Sesuaikan saja dengan budget yang Sobat miliki.

Namun pastinya jualan puding tidak membutuhkan modal besar. Sobat hanya perlu memberi beberapa bahan puding, itu pun harganya masih terjangkau. Dengan modal yang sedikit itu untuk membuat puding, Sobat bisa meraup keuntungan yang besar.

Aneka dessert

Aneka dessert

Dessert merupakan menu penutup atau biasa lebih kenal dengan istilah pencuci mulut. Namun jangan salah, di bulan ramadan justru dessert dijadikan sebagai menu pembuka atau kudapan saat berbuka.

Ada beraneka dessert yang bisa Sobat buat untuk jualan takjil. Sobat bisa cari sendiri resepnya di youtube. Saya sarankan cari di youtube karena resepnya jelas di sana, mulai dari bahan, alat hingga proses pembuatan.

Pastikan saja menggunakan provider internet yang memiliki jaringan stabil ya biar streaming-nya lancar.

Setelah itu Sobat tinggal praktik. Mau jualan dessert box atau dessert pouch, terserah. Sesuaikan saja dengan budget yang dimiliki, hehe. Yang pasti jualan dessert di bulan ramadan nggak bakalan rugi karena peminatnya banyak.

Aneka minuman segar

Aneka minuman segar

Sobat pasti setuju bahwa godaan terberat saat berpuasa bukanlah menahan rasa lapar, melainkan dahaga.

Terlebih lagi cuaca di bulan ramadan ini lumayan panas, ditambah dengan aktivitas yang padat, sehingga saat berbuka tiba pastilah kita mengincar minuman yang segar-segar.

Maka tak heran, selain gorengan dan kudapan yang manis-manis, aneka minuman juga ramai dijual di bulan ramadan. Mulai dari es kelapa muda, es teler, es buah, es cendol dan masih banyak lainnya.

Oleh karenanya ide jualan yang satu ini jangan sampai terlewatkan. Apalagi ada banyak ide minuman segar yang sempat viral, proses pembuatannya mudah, bahan-bahannya pun murah tapi belum banyak yang jual.

Sebut saja es kuwut, es jelly serut pelangi dan es lumur. Kalau ketiga jenis minuman kekinian ini belum ada yang jual di tempat kamu, buruan deh langsung eksekusi. Pasti laris.

Pisang ijo

Pisang ijo

Satu lagi ide jajanan buka puasa yang pasti laris yaitu pisang ijo. Kudapan ini terbuat dari pisang yang dibalut dengan kulit berwarna hijau. Disajikan dengan bubur sumsum, sirup merah dan susu kental manis untuk menambah kenikmatan.

Rasanya manis, gurih dan lembut. Apalagi disantap dalam keadaan dingin. Seporsi pisang ijo bisa langsung menghilangkan dahaga dan cukup mengenyangkan.

Kelezatan makanan khas Makassar ini memang sudah diakui oleh banyak orang. Sayang untuk dilewatkan karena peluangnya juga cukup menggiurkan.

So far, dari sekian ide yang saya sebutkan di atas, Sobat Kenangan tertarik ingin jualan takjil yang mana nih? Boleh dong share di kolom komentar.

Tips Jualan Takjil Agar Lancar, Untung dan Berkah

Nah, sebelum menutup postingan ini, saya ingin memberikan sedikit tips buat Sobat yang ingin jualan takjil ramadan agar lancar, untung dan berkah.

Tips pertama ini sebenarnya sudah saya singgung di atas. Agar jualan lancar tanpa kendala, Sobat bisa memanfaatkan provider internet IndiHome untuk mencari ide jualan yang menarik juga resep takjil kekinian yang kemungkinan besar bakal disukai banyak orang. Termasuk juga untuk memasarkan produk takjil yang Sobat buat.

Ya, sekarang kan zamannya serba online. Walaupun Sobat berencana ingin jualan langsung di depan rumah atau bergabung dengan para penjual takjil lainnya di pinggir jalan namun tidak ada salahnya mempromosikan lewat WA atau media sosial karena itu akan mengundang lebih banyak pelanggan.

Tips selanjutnya usahakan takjil yang Sobat buat punya daya tarik atau keunikan tersendiri yang bisa lebih menarik perhatian banyak pelanggan. Contohnya ya seperti yang sudah saya sebutkan juga di atas, buatlah jajanan yang belum dijual oleh banyak orang.

Atau kalau misalkan sama dengan dagangan orang lain, tak masalah tapi setidaknya ada yang menonjol dari jualan Sobat. Misalnya dari segi rasa, kemasan atau harga.

Terakhir, agar jualan Sobat tetap mendapat keberkahan jangan hanya fokus berdagang ya. Jualan di bulan ramadan sah-sah saja tapi jangan sampai kegiatan mencari uang melalaikan kita dari ibadah.

Jangan sampai karena masih sibuk jualan takjil saat azan maghrib sudah berkumandang kita sampai terlambat berbuka dan melupakan makna takjil itu sendiri yaitu seperti yang disunnahkan nabi “segerakanlah berbuka”

Sekian postingan ini. Semoga bermanfaat dan selamat menjalankan Ibadah Ramadan 1444 H

Tinggalkan komentar